oleh

Silat Sumut Inginkan Try Out ke Thailand

INIMEDAN – Sebanyak 14 atlet pencak silat Sumatera Utara akan bertanding  di arena Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Mereka kini sedang menjalani pelatda berjalan di GOR Kabupaten Deli Serdang sebagai persiapan menuju even 4 tahunan itu.

Pelatih Pencak Silat Sumatera Utara, Sutrisno, mengatakan saat ini atlet rutin mengikuti pelatda berjalan sejak Januari 2016. Latihan digelar 12 kali dalam seminggu. Sedangkan rest hanya pada hari minggu. Dicetuskannya, meski sudah mendatangkan sejumlah pelatih dan konsultan nasional, atlet juga perlu tambahan uji coba (sparing partner) yang seimbang. Meski belum ada komunikasi kepada Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumut, namun ia berharap try out dapat digelar di luar negeri.

“ Memang rencana try out ke Thailand akan segera kita musyawarahkan kepada ketua IPSI Sumut, Hj Dahliana. Kalo bisa try out kita gelar di Thailand. Apalagi disana juga ada pelatih senior Sumut, Zulkarnaen yang saat ini mengajar di perguruan tinggi di Thailand,” ucap Sutrisno, Sabtu (23/1/2016).

Alasan tim pelatih memilih try out ke negeri gajah putih itu, karena mereka sangat paham betul cabor pencak silat salah satu cabang bela diri yang sangat maju disana. Namun, keinginan tersebut tergantung kepada keputusan KONI Sumut, mengingat pendanaan try out jelang PON sangat minim.

“ Kalo pun nanti KONI Sumut tidak sanggup membiayai, kita akan gelar try out di Indonesia saja. Itu pun akan kita musyawarahkan lebih lanjut sama Pengorov IPSI Sumut. Tapi yang jelasnya kita tetap ada program try out lah,” tambahnya.

Try out yang rencananya akan dilakukan pada Juni atau Juli itu, dinilai sagat penting bagi seluruh atlet. Selain menambah jam terbang atlet, juga menjadi baahn evaluasi pelatih sebelum berlaga di PON 2016.

Try out sangat penting sebagai dasar penilaian kami untuk melihat peningkatan anak-anak selama latihan. Selain itu juga mengukur kemampuana atlet, agar apa yang menjadi kekurangan mereka akan kita jadikan evaluasi sebelum berlaga di PON,” tegas Sutrisno.

14 pesilat Sumut yang akan tampil di PON XIX, untuk Nomor Tanding Putra Hidayatul Arham Hasibuan (kelas A), Afriansyah (kelas E), dan M. Syafei (kelas I). Sementara nomor tanding putri Afriani Lauren (kelas A), Harteti Nadeak (kelas B), Rahma Dayanti (kelas C) Rizka Andini (kelas D), Zumidar Oktina ( kelas F). Sementara di Nomor Tunggal Ganda Regu (TGR) ada Heri kiswanto (tunggal putra), Yulia Yolanda Sahputri, Lintang Endah Puteri (ganda putri), dan M Hadi saputra, M Kalpihim, M Nul Affandi (beregu Putra).

Sementara tim pelatih yang menangani para atlet yakni Jumono Tarigan, Bambang Widowasono, Sutrisno, I Wayan Suwita, Ibnu Rosdi Tanjung, serta H Mariyatno.[@]

 

Komentar

News Feed