oleh

20 Ribu Ha Lahan Pertanian di Deliserdang Terancam Gagal Panen

INIMEDAN-
Saluran Irigasi Sungai Ular Deli Serdang saat ini sudah tidak mampu lagi untuk mengairi 20 ribu hektar persawahan dikawasan itu. Akibatnya lahan pertanian masyarakat terancam kekeringan dan mengakibatkan gagal panen. Untuk Dinas PSDA (Pengelolaan Sumber Daya Air) Sumut diminta segera membenahi saluran irigasi tersebut.
“Dinas PSDA Sumut harus cepat bertindak melakukan perbaikan Irigasi Sungai Ular, jangan sampai areal pertanian masyarakat kekeringan yang secara atomatis akan mengalami gagal panen,” ungkap Eveready Sitorus kepada wartawan, Selasa (29/3) di DPRD Sumut seusai melakukan peninjauan ke lokasi irigasi Sungai Ular Deliserdang.
Berdasarkan pengaduan warga masyarakat kepada Eveready di lapangan, saluran Irigasi Sungai Ular yang selama ini mampu mengairi 20 ribu hektar areal pertanian masyarakat, kini hanya bisa memenuhi kebutuhan air sekitar 5 ribu hektar lahan pertanian warga, sehingga dikuatirkan tahun ini mengalami gagal panen secara besar-besaran.
Berkaitan dengan itu, politisi Partai Gerindra Sumut ini mendesak Pempropsu Cq Dinas PSDA Sumut secepatnya melakukan tindakan darurat dengan memperbaiki jaringan irigasi yang rusak, guna mengatasi keluhan dan keresahan para petani yang sangat mengkuatirkan terjadinya gagal panen.
“Semua pihak hendaknya mewujudkan target pemerintah yang ingin menjadikan daerah, termasuk Kabupaten Deliserdang sebagai lumbung beras nasional. Jalan satu-satunya melakukan perbaikan dengan mengalokasikan dana perbaikannya di APBD Sumut, baik dana pembangunan infrastriktur pertanian khususnya irigasi yang sudah mengalami kerusakan,” ujar Eveready.
Selain melakukan perbaikan irigasi yang sudah mulai rusak, tandas politisi vocal ini, pemerintah juga dituntut optimal dalam pengembangan benih, pengawasan pupuk dan fasilitas lainnya yang sangat dibutuhkan para petani. “Jangan nanti setelah tanaman petani siap panen, justru disediakan pupuk,” tegasnya.
Eveready sangat yakin, jika pemerintah tetap konsern terhadap permintaan petani, baik perbaikan irigasi maupun penyediaan pupuk dan benih, dipastikan target pemerintah menjadikan sejumlah daerah, terutama Kabupaten Deliserdang sebagai swasembada pangan akan terealisasi.
Diungkapkan lagi oleh Eveready, jika saluran irigasi itu diperbaiki, makanproduksi padi akan meningkat, sebab ketersediaan benih maupun pupuk tidak terkendala. Eveready mengajak semua pihak untuk menjadikan acara syukuran tabur benih yang baru-baru ini dilaksanakan di Deliserdang sebagai momentum mewujudkan Deliserdang sebagai lumbung padi di Sumut maupun nasional. (im-01)

Komentar

News Feed