oleh

Alumni ITB Pilih Ketua dengan Sistem E-Vote

INIMEDAN – Ikatan Alumni Institit Teknologi Bandung (IA ITB) di Sumatera Utara akan melakukan pemilihan ketua IA ITB periode 2016-2020 dengan sistem e-Vote.

Para alumni ITB yang ada di Sumut diminta menggunakan hak suaranya, dengan terlebih dahulu mengisi biodata melalui aplikasi yang disediakan panitia pusat sehingga terdata.

“Data yang diisi dalam aplikasi berupa nama, nomor induk mahasiswa, dan juga men-scan foto yang tertera di KTP. Aplikasi yang diperoleh dari website pemilu.ia-itb.org. Apabila tidak registrasi, maka tidak bisa menggunakan hak suara,” kata Ketua IA ITB Sumut Syaiful Bahri Lubis di Medan, Selasa (19/1/2016).

Pria yang juga menjabat Sekda Medan itu mengungkapkan, registrasi paling lama dilakukan 20 Januari 2016 pkul 16.00 WIB. Sebab pemilihan akan dilakukan 23 Januari 2016.

Selain melalui aplikasi, para alumni sendiri diberikan kesempatan menggunakan hak suaranya melalui TPS daerah yang nantinya ditempatkan di gedung LPPM USU, Jalan Dr Mansyur Medan, mulai pukul 08.00 sampai 13.00 WIB.

“Bisa pilih langsung (melalui aplikasi) atau melalui TPS. Pemilihanya tidak lagi pakai kertas. Tapi sistem digital atau elektrik vote (e- vote). Di TPS nanti juga pemilihannya di laptop yang disediakan panitia. Alumni memilih langsung calonnya. Ini organisasi pertama di Indonesia yang menggunakan pemilihan dengan cara e-Vote. Di Sumut sendiri terdapat sekitar 300 orang alumni ITB dari berbagai tahun angkatan,” paparnya.

Sementara Sekretaris IA ITB Sumut Muhammad Syafri Lubis menambahkan, pemilihan ketua umum sendiri tidak seperti pemilihan ketua umum kebanyakan organisasi. Harus berpusat di Jakarta atau daerah lain dan menggunakan rapat maupun banyak kertas.

“Semua dilakukan dengan cara digital. Tidak ada kertas suara atau lainnya. Makanya, ada registrasi dan bisa pilih langsung maupun datang ke TPS,” katanya.

Untuk lebih jelas, pengurus menyediakan posko pendaftaran di pelataran parkir Fakultas Teknik USU sampai 20 Januari 2016. Atau bisa juga menghubungi Fahmi di nomor 08116151279 dan Dekla di nomor 0811 6069333.

Sementara Wakil Ketua IA ITB Sumut Ahmad Perwira Tarigan mengatakan, ada empat kandidat yang akan bertarung memperebutkan jabatan Ketua Umum IA ITB menggantikan Syawal Lubis, yakni Ridwan Jamaluddin (Deputi Menko Maritim), Pontas Tambunan (pengusaha), Rizal Fahlevi (Wali Kota Payakumbuh), dan Hiramsyah Thaib (Presdir PT Teknologi Riset Global Investama). [MUL]

Komentar

News Feed