Belasan Orang Hilang Diduga Gabung Gafatar

Nasional48 Dilihat

INIMEDAN – Laporan kepada polisi atas kasus orang hilang karena diduga terkait organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) terus bertambah.

Di Polda Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) sejauh ini sudah ada 11 laporan orang hilang karena diduga bergabung dengan Gafatar. “Total hingga hari ini sudah ada 11 laporan orang yang diterima Polda DIY,” kata Kabid Humas Polda DIY, AKBP Any Pudjiastuti di Mapolda DIY, Selasa (12/1/ 2016).

Menurutnya dari semua laporan orang hilang itu sebagian besar masyarakat melapor karena menduga anggota keluarganya bergabung dengan organisasi Gafatar. “Yang melapor memang sebagian besar terkait dengan Gafatar,” ujarnya menambahkan.

Dari 11 laporan itu Polda DIY berhasil mengungkap empat kasus di antaranya. Hasilnya, tak semua orang hilang terbukti bergabung dengan Gafatar. “Ada empat kasus yang sudah diungkap. Dua kasus tidak ada kaitannya dengan Gafatar,” ujarnya menjelaskan.

Laporan orang hilang juga diterima Polsek dan Polres di bawah Polda DIY. Sedikitnya ada lima laporan terkait orang hilang karena diduga bergabung dengan Gafatar. Dua kasus dilaporkan di Polsek Kasihan dan tiga kasus di Polsek Banguntapan, Bantul.

“Hari ini kita terima dua laporan dari keluarga yang mengaku hilang misterius, dan dipastikan terkait gerakan Gafatar,” kata Kapolsek Kasihan, Kompol Suwandi, di Mapolsek Kasihan, DIY. [VNC]

Komentar