oleh

Dispora Sumut Gelar Kejuaraan Delapan Cabor

Inimedan.com.

Dalam rangkaian menjaring atlet berbakat, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara bakal menggelar kejuaraan  delapan cabang olahraga. Even ini akan digelar pada Desember 2016.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumut, H Baharuddin Siagian mengatakan, delapan cabang olahraga yang  dipertandingkan tersebut adalah sepak bola, bola voli, marathon 5K dan 10K, tenis meja, karete, catur, tinju serta basket.

“Khusus sepak bola akan mempertandingkan usia 17 tahun dan membawa nama kabupaten/kota. Begitu juga dengan basket dan cabang lainnya, kita akan mengusahakan nomor pelajar,” ujar Baharuddin didampingi Kabid Olahraga Rudi Rinaldi di Kantor Dispora Sumut, Selasa (29/11).

Pria yang akrab dipanggil Bahar ini menjelaskan, venue pertandingan belum dipastikan. Namun even ini akan digelar di  berbagai kota. Seperti catur di Karo, basket di Medan, dan marathon di Medan atau Pantai Cermin. “Kita akan mengkaji dimana venue pertandingan yang layak,” ungkapnya.

Yang pasti, Bahar menjelaskan, pertandingan delapan cabor ini akan digilir di setiap kabupaten/kota. “Venue pertandingan akan digilir setiap tahun. Seperti maraton, kalau tahun ini di Medan, tahun depan kita gelar di Samosir  atau daerah lainnya. Intinya kita akan melakukan pemerataan tuan rumah,” paparnya.

Sedangkan untuk tujuan even ini, Dispora Sumut ingin membangkitkan kembali geliat olahraga. “Kita ingin kembali mensosialisasikan kepada masyarakat. Karena belakangan ini, geliat olahraga di kabupaten/kota mulai berkurang,” ungkapnya.

Even ini juga menjadi sarana untuk menjaring atlet berbakat. Karena itu, pihaknya akan mengutamakan nomor khusus pelajar. “Melalui kejuraan ini, kita akan menjaring atlet yang akan dipersiapkan menghadapi Pekan Olahraga Pelajar  Nasional (Popnas) 2017 menmdatang,” paparnya.

Sedangkan Kabid Olahraga Dispora Sumut, Rudi Rinaldi menjelaskan, dalam menggelar kejuaraan delapan cabang olahraga ini, Dispora Sumut telah melakukan kerja sama dengan Pengprov cabang olahraga. “Saat ini kita menunggu kepastikan venue dan jadwal dari pengprov cabang sebagai pelaksana teknis pertandingan,” pungkasnya.(YOFE)

Komentar

News Feed