oleh

Eldin Resmikan Gedung BaruKantor Kelurahan Mangga

INIMEDAN-
Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi meresmikan gedung baru Kantor Kelurahan Mangga, Kecamatan Medan Tuntungan di Jalan Tembakau Raya Perumnas Simalingkar Medan, Senin (29/2). Selain gedung baru, orang nomor satu di Kota Medan itu juga meresmikan loket pelayanan terpadu online dan perpusatkaan kelurahan . Diharapkan seluruh fasilitas baru ini membuat aparat kelurahan untuk meningkat pelayanan sehingga memuaskan masyarakat.
Menurut Eldin, kelurahan merupakan miniatur pemerintahan yang terdepan dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Untuk mewujudkan pelayanan prima tersebut, tentunya harus didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai. Dengan kehadiran gedung baru ini, Eldin menginginkan tumbuhnya suasana baru sehingga mendorong gairah dan semangat kerja yang produktif.
“Betapapun megahnya gedung baru ini, tidak akan berarti apa-apa jika aparat kelurahan di dalamnyan tidak memiliki disiplin, moralitas serta mentalitas yang tinggi dalam menjalankan roda pemerintahan kelurahan. Sebab, aparatur kelurahan sampai tingkat lingkungan merupakan garda terdepan dari pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkap Eldin.
“Baik buruknya kinerja pemerintahan kelurahan akan sangat berpengaruh terhadap baik buruknya kinerja level pemerintahan pada level di atasnya, mulai dari tingkat kecamatan, provinsi hingga pusat,” kata Eldin.
Selanjutnya, mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu sangat mengapresisi kehadiran loket pelayanan terpadu online dan perpustakaan kelurahan. Apalagi saat ini semua hidup di era globalisasi, dimana semuanya sudah beralih menajdi serba online, terutama dalam pengaksesan segala macam informasi.
Atas dasar itulah Wali Kota berharap agar seluruh fasilitas yang baru diresmikan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di Kelurahan Mangga. Kemudian Eldin berpesan kepada kelurahan lainnya agar dapat menerapkan fasilitas serupa demi menunjang sistem pelayanan umum kepada seluruh masyarakat Kota Medan.
Tidak lupa Wali Kota mengajak seluruh yang hadir agar mendukung salah satu program Medan Rumah Kita, yakni bagaimana masyarakat bisa merasa aman dan nyaman tinggal di Kota Medan. Program ini bisa terwujud tidak terlepas dari peranan kecamatan, kelurahan sampai lingkungan untuk menjaga kekondusifan maupun keamanan di wilayahnya masing-masing.
Peresmian gedung baru ditandai dengan penandatanganan prasasti disertai pengguntingan pita yang dilakukan Wali Kota. Setelah itu Wali Kota didampingi anggota DPRD Medan, Andi Lumbangaon, Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Ginting SSTP MM, Lurah Mangga, Wanro A.A Malau SSTP beserta sejumlah pimpinan SKPD meninjau seluruh ruangan gedung baru yang berlantai dua tersebut. Termasuk, loket pelayanan terpadu online dan perpustakaan kelurahan.
Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia Ginting SSTP MM berharap dengan peresmian gedung baru Kantor Kelurahan Mangga beserta pelayanan terpadu online dan perpustakaan daerah semakin memotivasi seluruh aparatur kelurahan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Di samping itu Gelora pun berharap, masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang ada, terutama loket pelayanan terpadu online dan perpustakaan kelurahan sehingga memberikan manfaat. “Intinya kita ingin memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat, sebab kita ini merupakan pelayan masyarakat,” jelas Gelora.
Dari 9 kelurahan yang ada di Kecamatan Medan Tuntungan, Gelora mengungkapkan baru Kelurahan Mangga yang memiliki fasilitas gedung baru, loket pelayanan online dan perpustakaan kelurahan. Dia berharap kedelapan kelurahan lainnya dapat mengikuti apa yang telah dilakukan Kelurahan Mangga bekerjasama dengan instansi terkait (Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Medan) selaku instansi yang membangun.
Sedangkan Lurah Mangga Wanro A.A Malau SSTP mengatakan bangunan kantor Kelurahan Mangga ini baru selesai direnovasi. Menurut data ini merupakan salah gedung megah untuk kantor kelurahan dengan menggunakan anggaran yang besar untuk membangunnya.
“Megahnya gedung kantor ini diimbangi dengan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, seperti dengan adanya loket pelayanan terpadu. Untuk lebih mempermudah masyarakat, Kelurahan Mangga juga memiliki fasilitas media sosial, masyarakat dapat langsung mengakses pelayanan maupun mengetahui informaai dari smartphonenya secara online”, katanya.
Dijelaskannya, selain loket pelayanan terpadu, Kelurahan Mangga juga membangun perpustakaan untuk anak – anak, hal ini dilakukan atas masukan dari masyarakat yang resah anak – anaknya jika melakukan hal yang negatif. Di kantor ini juga dibina karate club untuk anak dan remaja agar terhindar dari tindakan negative seperti begal maupun narkoba.(@)

Komentar

News Feed