oleh

FP USU Juara I LKTI Mahasiswa Se-Sumut

INIMEDAN – Tim Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (FP USU) menjadi juara pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat mahasiswa Se-Sumatera Utara, yang dilaksanakan Kamis (10/12) di aula Fakultas Ekonomi Unimed kerjasama dengan SME&SR Partnership Program Area PT Pertamina Sumatera Bagian Utara.

Kegiatan itu diikuti puluhan tim yang berasal dari beberapa kampus se-Sumatera Utara, yakni Unimed, USU, UMSU, UMA, POLMED, ITM, UIN SU, STT Sabda, dan lainnya.

Lomba yang diadakan dalam rangka HUT ke-58 Pertamina itu bertujuan membangun kreativitas mahasiswa dan menuliskannya dalam bentuk artikel ilmiah, serta dipresentasikan sebagai solusi berbagai permasalahan yang menyangkut tentang energi.

Arung Buana, salah seorang peserta dari tim yang menjadi juara tersebut mengatakan, USU mengirimkan 7 tim, setelah mengikuti babak penyisihan tiga tim akhirnya maju ke final dan masing-masing meraih juara I, II dan Harapan II.

Bersama rekan setimnya yakni Indra Doli Nasution dan Rudi Purnomo dari Jurusan Agroteknologi, mereka mempresentasikan karya tulis dengan judul “Teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Tumbuhan (PLTT) dengan Memanfaatkan Sawah Sebagai Upaya Untuk Mengatasi Masalah Krisis Listrik”. Lokasi penelitian terletak di Desa Hopong, Kecamatan Simangumban, Kabupaten Taput, dengan mengangkat isu krisis listrik yang terjadi di desa itu dan wilayah Sumut secara umum.

Enam tim terbaik mendapatkan hadiah utama dengan total sekitar Rp 15.500.000. Juara I mendapat Rp 5 juta, Juara II Rp 3,5 juta, dan juara Harapan II Rp 1,5 juta.

“Hadiah uang itu akan digunakan untuk pengembangan penelitian yang ada di organisasi FORMILTAN,” katanya. [MUL]

Komentar

News Feed