oleh

Kesempatan Untuk Calon Rektor USU Dibuka

INIMEDAN – Kesempatan untuk menjadi Rektor Universitas Sumatera Utara Periode 2016-2021, saat ini terbuka bagi masyarakat yang memenuhi persyaratan. Mulai hari ini (Senin 28/12) sampai 8 Januari 2016, Panitia penjaringan dan penyaringan bakal calon (balon) membuka pendaftaran bagi siapa saja yang ingin mencalonkan diri.

Ketua Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor USU, Panusunan Pasaribu, mengatakan pendafataran balon rektor USU itu berdasarkan surat keputusan Majelis Wali Amanat (MWA) USU nomor 45/SK/MWA/XII/2015 tentang penunjukan dan pengangkatan panitia penjaringan dan penyaringan calon rektor USU.

“Menindaklanjuti peraturan MWA nomor 12 tahun 2015 pasal 4 ayat , telah dilakukan pemilihan ketua dan sekretaris panitia pada Selasa (22/12) lalu. Dalam rapat tersebut, dipilihlah saya secara aklamasi sebagai ketua panitia. Dalam rapat itu juga telah disepakati jadwal penyelenggaraan penjaringan dan penyaringan calon rektor USU,” katanya didampingi opantia penjaringan dan penyaringan calon rektor USU lainnya, saat temu pers di sekretariat MWA USU, Rabu (23/12).

Dikatakan Panusunan, untuk tahap pertama pihaknya akan membuka pendaftaran mulai 28 Desember hingga 8 Januari 2016 dimulai pukul 08.00 wib hingga 15.00 wib di sekretariat MWA USU. Kemudian, tahap kedua akan dilakukan penjaringan pada 13 Januari.

“Selanjutnya, tahap ketiga adalah pemaparan program kerja balon rektor pada 18 Januari 2016, dan tahap penyaringan akan dilakulan oleh senat akademik pada 19 Januari. Kemudian, 21 Januari 2016 akan melaksanakan tahap pemilihan dan penetapan rektor oleh MWA USU,” sebutnya.

Menurutnya, dalam melaksanakan penjaringan dan penyaringan calon rektor USU

ini, pihaknya berpedoman kepada aturan yang berlaku, yakni PP nomor 16 tentang statuta USU dan peraturan MWA nomor 12 tahun 2015 tentang persyaratan khusus, pencalonan, pemilihan dan pengangkatan rektor dan wakil rektor serta jumlah dan kewenangan wakil.

“Jadi tidak berpedoman pada hal yang lain, sehingga diharapkan pada 21 Januari 2016 nanti USU sudah memiliki rektor yang baru. Nantinya, yang akan melantik adalah ketua MWA,” ucapnya.

Sekretaris Panitia, Luhut Sihombing, menambahkan persyaratan bagi yang ingin mendaftarkan diri sebagai calon rektor USU tidak berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. Di antaranya, usia tidak lebih dari 60 tahun saat dilantik, berpendidikan S3, standar mampu melakukan perbuatan hukum, WNI, berwawasan pendidikan yang luas, memiliki pengalaman manajerial dilingkungan pendidikan dan tidak pernah melanggar etika dan moral.

“Pengambilan dan pengembalian formulir serta informasi lebih lanjut dapat diperoleh di sekretariat panita penyelenggara penjaringan dan penyaringan calon rektor USU periode 2016-2021 di sekretariat MWA, mulai pukul 09.00 wib sampai dengan 15.00 wib,” ujarnya. (@di)

Komentar

News Feed