Ini Plus-Minus Minum Air Lemon Hangat Setiap Pagi

INIMEDAN – Meminum secangkir air lemon hangat setiap pagi salah satu cara sederhana meningkatkan kesehatan tubuh. Apa saja khasiatnya?

Mengutip timesofindia, mengonsumsi air lemon hangat cara terjangkau dan alami meningkatkan kesehatan. Mulai menambah energi tubuh, bermanfaat bagi pencernaan dan menghindari stres.
Lantas, apalagi manfaat lainnya yang bisa ternikmati ketika mengkonsumsi air lemon hangat? Ini dia poin-poin penting yang didapat ketika menikmati air lemon hangat.

1. Memberi tubuh energi
Dapat memberikan tubuh dorongan energi abadi. Konsumsi air lemon hangat menjadi alternatif sehat saat pagi, selain mengkonsumsi teh atau kopi.

2. Pencernaan sehat
Kandungan mineral dan vitamin yang dapat tertemukan dalam jus lemon mendorong pencernaa sehat, mengurangi mulas dan kembung. Tak hanya itu, mengkonsumsi jus lemon juga dapat melonggarkan racun yang terjebak dalam saluran pencernaan.

3. Kaya kalium
Lemon juga merupakan sumber kalium yang dapat membantu menjaga jantung agar tetap sehat. Membangun otot, membantu tubuh mencerna karbohidrat.

4. Peredam lapar
Mengkonsumsi air jeruk lemon juga dapat membantu membersihkan pikiran, mengurangi perasaan stres dan menggetarkan suasana hati. Kemudian, air lemon hangat juga dapat membantu meringankan depresi dan rasa kecemasan.

5. Peredam lapar
Lemon dapat membantu menekan rasa lapar sepanjang hari sehingga lebih mudah untuk menolak godaan dan mengurangi ngemil makanan berlemak sepanjang hari. Itu juga dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin C yang terkadung dalam lemon sangat besar untuk mendorong sistem kekebalan tubuh. Itu juga merupakan pilihan bagus dibandingkan jeruk, karena memiliki sedikit gula sehingga bisa menjadi alternatif untuk tubuh.

7. Menjaga kulit
Mengkonsumsi air lemon hangat juga dapat menjaga kulit. Kandungan antioksidan yang ditemukan dalam lemon sangat membantu meremajakan kulit dan mencegah keriput, noda, dan membebaskan dari kerusakan akibat radikal bebas. Dengan begitu, kulit akan terasa lebih baik. Itu juga dapat menghilangkan racun, membunuh bakteri, dan membuat kulit lebih bercahaya.

Tapi ingat, walaupun air lemon mungkin baik untuk pencernaan, tapi air lemon dapat mengakibatkan kerusakan kecil dalam proses perjalanannya menuju perut. Dengan menambahkan (asam) lemon ke air, dapat meningkatkan risiko pengikisan lapisan pada email gigi, yang dapat menyebabkan masalah. Padahal, email gigi yang terkikis tidak bisa diganti.

Nah, agar mengonsumsi air lemon tak menimbulkan efek negatif, ada beberapa ‘rambu’ yang sebaiknya diketahui.

– Minumlah sebagai bagian dari makanan, jangan meminumnya begitu saja. Tujuannya untuk membantu merangsang produksi air liur. Air liur akan menetralisir asam berbahaya dan partikel makanan dari gigi, serta membantu melindungi gigi dari pembusukan.

– Jika Anda ingin minum air lemon dalam keadaan hangat di pagi hari, cobalah tunggu sampai agak dingin, lalu gunakanlah sedotan. Ini dapat membantu mendorong cairan pada gigi untuk keluar.

– Minumlah air lemon sebelum menggosok gigi, sehingga asam tidak akan merusak email gigi secara langsung. Kemudian, tunggu beberapa saat untuk menyikat gigi, sekitar 30 sampai 60 menit. [IC/KC]

Komentar