Sejak Pengprov PASI Sumut Dinahkodai Dr David Luther Lubis, SPOG (K) Catat Sejarah

Kejurnas Atletik U-17 Bakal Digelar Pada Mei 2024 di Stadion Madya Atletik di Sena

Inimedan.com – MEDAN | Sejak Pengprov PASI Sumut (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Sumatera Utara) dinahkodai Dr David Luther Lubis, SPOG (K), telah mencatatkan sejarah terpilih sebagai tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik U-17 dan U-20 pada Mei 2024 mendatang.  Kejurnas ini sekaligus akan menjadi test event Stadion Madya Atletik di Desa Sena, Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, yang kini hampir selesai dibangun.

Kepastian Sumut jadi tuan rumah Kejurnas Atletik U-17 dan U-20 diutarakan langsung Ketua Umum Pengprov PASI Sumut, Dr David Luther Lubis SpOG (K), seperti dikutip dari Podcast COPI Sumut, Minggu (17/2).

“Ini kerinduan kami. Tidak pernah dalam sejarah Sumut jadi tuan rumah Kejurnas Atletik. Selalu di Jawa,” tutur David Luther.

“Kenapa saya minta di Sumut? Karena kami tuan rumah tentu ingin test event sekaligus uji coba sarana dan prasarana,” ujarnya lagi.

Kejurnas Atletik ini nantinya akan jadi gambaran peta kekuatan lawan serta capaian target PASI Sumut di PON 2024 nanti.

Menurutnya, selama ini Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta jadi saingat terberat. Untuk itu pihaknya mempersiapkan betul atlet-atlet terbaiknya.

“Jadi lewat Kejurnas ini, kita tahu setidaknya berapa yang akan didapat pada PON nanti,” ujar pria berusia 45 tahun tersebut.

Saat ini ada 36 atlet PASI Sumut yang menjalani Pelatda persiapan menuju PON 2024. Tanpa Agustina Manik, PASI Sumut, memasang target 6 medali emas yang jadi incaran PASI Sumut pada pesta olahraga terbesar Indonesia ini. Target tersebut naik seratus persen dari hasil PON sebelum di Papua 2021 lalu, saat Atletik Sumut meraih tiga emas.

Kehilangan Agustina Manik akan membuat kekuatan Sumut berkurang. Pasalnya, dia turut menyumbang dua emas pada PON Papua lalu. Meski demikian, PASI Sumut sudah menyiapkan atlet pelapis dalam diri Siska Simamora.

“Kami bersama Binpres Parluatan Siregar menyebut Siska ini sebagai mutiara terpendam. Untuk 1500 meter saat ini dia terbaik di Indonesia,” sambungnya.

Selain Siska Simamora, PASI Sumut diam-diam juga menyiapkan amunisi lainnya yang kini berlatih di Amerika.

“Memang di event nasional dia belum turun, tapi event internasional di Amerika dia sering main. Kami harap dia bisa turun di PON nanti,” kata dia.

Adapun 36 atlet PASI Sumut yang mengikuti Pelatda, yakni  Ridho Saragih, Syahputra, Chandra Kirana, Andika Syahputra, Abdul Hafiz, Syahrial Bakti, Hardodi Sihombing, Syafaat Tarigan, Suryana Putra Aruan, Pretty Sihite.

Kemudian Kahairuddin Syahputra,  Baim Bagus Pratama Sirait, Pramoedya Sufallah, Shafwan Hafizh Nasution, Berman Siahaan, Ayyub Niti Raharja, Bunayya Zaki, Daniel Simanjuntak, Wisnu Nop Diantoro, Ariel Raynaldi Tarigan.

Dwi Darmawan, Denzel Usman, Sigit Tri Arjuna, Nikmal Husein, Bagas Simanjuntak, Joshua Simanjuntak, Arwan Zebua, Shija barus, Nela Agustin, Pramoedyastri Sufallah, Sri Astuti, Rustika Sibagariang, Siska Simamora, Jelita Simanullang, Elvi Alvriani, dan Marini Aulia.(Yonan)

Komentar