Sofyan Tan Beri Tips Sukses Jadi Wirausahawan

INIMEDAN – Fakultas Ekonomi Universitas Prima Indonesia (FE Unpri), Minggu (24/1/2016) di kampus Jalan Sekip Medan menggelar Festival Kewirausahaan V 2016 dengan tema ‘Energrtic and Creative Entrepreneurs’.

Pembukaan acara tersebut ditandai pengguntingan pita oleh anggota Komisi X DPR dr Sofyan Tan yang juga Pembina Unpri.

Acara turut dihadiri Ketua BPH Unpri Dr Tommy Leonard, Penasihat Unpri Dr RE Nainggolan, Rektor Prof Djakobus Tarigan, Dekan FE Cut Fitri Rostina, Wakil Dekan Hendry dan Koordinator Global Prima National Plus School Dr Willy Tanjaya.

Pada kesempatan itu Sofyan Tan memberikan motivasi kepada siswa dan mahasiswa yang mengikuti festival tersebut.

Dia juga memberikan tips sukses menjadi wirausahawan kepada peserta dan ribuan pengunjung. Dia menjelaskan, ada lima tips menjadi wirausahawan yang sukses, disebutnya dengan 4M + TIK.

“kita harus mengenal market atau apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar, harus mampu mengelola/strategi kegiatan bisnis atau manajemen, harus punya moral yang baik dan kemudian membutuhkan money atau uang,” paparnya.

Setelah menguasai 4M di atas, maka kemudian yang dibutuhkan adalah teknologi informasi komputer (TIK). Kemudian, tambahannya, harus memperhatikan kondusivitas, yaitu seluruh regulasi yang dipersyaratkan pemerintah antara lain perizinan apa yang harus diurus, rasa aman berusaha, infrastruktur, pinjaman dari bank dan promosi.

Menurut Sofyan Tan, seorang entrepreneur harus berjiwa universal, menghargai keberagaman suku dan agama serta budaya.

Hal lain yang ditekankannya adalah kedisiplinan. “Wirausaha dijalankan orang yang bisa menghasilkan pendapatan. Maka ketika mulai melakukan bisnis, harus membahas bagaimana menghasilkan uang. Dan ketika sudah berhasil, harus bisa menjadi wirausaha sosial, yaitu bisnisnya harus bermanfaat dan bermakna positif bagi masyarakat banyak,” paparnya.

Usai membuka acara, Sofyan Tan pun mengunjungi seluruh stand di arena itu. Dia bersama pimpinan universitas dan fakultas berdiskusi dengan pemilik stand, membicarakan tentang bahan baku, kendala pembuatan, prospek bisnis produk yang dijual, termasuk memberi masukan terhadap bisnis dimaksud.

Sementara itu Ketua Panitia Cut Fitri Rostina mengatakan, Festival Kewirausahaan V ini diharapkan dapat memotivasi dan menggali minat siswa dan mahasiswa untuk berwirausaha.

“Kegiatan yang dilaksanakan pada festival ini meliputi business plan competition, bazar produk, pameran produk, pensi dan live band,” katanya.

Peserta bazar dan kompetisi berasal dari SMA Global Prima National Plus School, SMAN1 Labuhan Deli, SMK Pangeran Antasari, SMA WR Supratman 1, SMA Negeri 15 Medan, SMA Medan Area, STIE A& BI, UISU, serta mahasiswa Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, FKIP, FKM, FTIK Unpri.

Terpisah Ketua BPH Unpri Tommy Leonard memberi alasan kenapa pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut, karena tujuannya untuk menggali dan memotivasi jiwa kewirausahaan peserta didik.

“Di samping itu kegiatan ini dapat menambah keterampilan siswa dan mahasiswa kita, sehingga memiliki keterampilan mandiri atau life skills,” kata Tommy. [MUL]

Komentar