PN Lubukpakam – FH Unpri Kerjasama Pembinaan Mahasiswa

MEDAN – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Lubukpakam Dr Hendry Tarigan menyatakan pihaknya siap membina dan membimbing mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Prima Indonesia (FH Unpri) saat melakukan klinis hukum di institusinya.

“Saya mengharapkan mahasiswa FH UNPRI nantinya terpola, mengerti teori dan praktek bagaimana beracara di pengadilan,” kata Hendry didampingi Wakil Ketua PN Lubukpakam Saut Maruli Tua Pasaribu usai penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara FH Unpri dengan PN Lubukpakam, di Ruang Mediasi PN Lubukpakam, Selasa (26/1/2016).

Hadir pada penandatanganan MoU tersebut Dekan FH Unpri Dr Tommy Leonard, Ketua Perencanaan dan Pengembangan Unpri Yusriando, serta jajaran Unpri lain yakni Herli Leo Aritonang, Refi Ikhtiari, Fenty Riska, Kartina Pakpahan, Elvira Fitriyani, Devi Marlin dan Salman Faris.

Sedangkan dari PN Lubukpakam turut hadir Halida Rahardhini, Billiater Sitepu, Idris, Enike Hertika Purba dan Aristo Prima.

Hendry juga berharap mahasiswa Unpri yang nantinya menjalani klinis hukum di PN Lubukpakam mengetahui bagaimana proses persidangan perkara, baik perdata maupun pidana, sampai kepada putusan yang sesuai dengan hukum acara.

“Sehingga begitu mereka selesai pendidikannya, bisa menjadi sarjana hukum yang tidak hanya mengetahui tentang teori, tetapi bisa mengusai prakteknya juga,” katanya.

Untuk mewujudkan itu semua, harus ada sinergi antara kedua belah pihak. “Tapi sepanjang mahasiswa tertib dan bisa mengikuti pelajaran yang diberikan oleh hakim yang ditunjuk sebagai pengawas klinis, saya yakin mahasiswa FH U Unpri dapat mewujudkan apa yang kita harapkan,” ucapnya.

Sementara Dekan FH Unpri Tommy Leonard menyampaikan terima kasih kepada Ketua PN Lubukpakam yang berkenan membimbing mahasiswa mereka.

Tommy mengatakan, MoU ini bukan sebatas kerjasama untuk penyelenggaraan praktek klinis belaka, tapi harus ditindaklanjuti dalam kegiatan lain.

Dalam hal ini, pihaknya berharap Ketua PN Lubukpakam siap mengajar sebagai dosen kehormatan di FH Unpri. “Sehingga mahasiswa tidak hanya paham teori, tapi paham secara praktek bagaimana beracara yang baik dan benar di pengadilan,” kata Tommy.

Sementara itu Yusriando menambahkan, untuk melaksanakan visi dan misi FH Unpri dan sesuai Tri Darma Perguruan Tinggi, pihaknya banyak melakukan upaya, utamanya dalam hal peningkatan kesadaran hukum melalui konsultasi dan penyuluhan hukum kepada masyarakat, penelitian dan pengkajian hukum, pengabdian masyarakat di bidang hukum dan memberikan dukungan dalam kegiatan klinis hukum mahasiswa.

“Diharap dengan kerjasama ini akan menciptakan alumni-alumni yang dapat mengaplikasikan dengan baik pengetahuan yang diperolehnya dalam kehidupan di masyarakat,” ucapnya. [MUL]

 

 

Komentar