oleh

Surat Suara Pilkada Tebingtinggi Sudah Sampai di KPUD

T. Tinggi, inimedan.com

Barang logistik berupa surat suara untuk Pilkada Pemilihan Walikota / Wakil Walikota Tinggitinggi sudah sampai di kantor Komisi PemilihanUmum D (KPUD) Jalan Rumah Sakit Umum Kota Tebingtinggi,demikian hal itu dikatakan Sekretaris KPUD Tebingtinggi H Ahmad Nurdin kepada wartawan, Senin sore (23/1).
Surat suara itu sampai ke Tebingtinggi pada hari Minggu (22/1) malam diterima pihak KPUD sebanyak 56 kotak yang terdiri dari 54 kotakberisi 108.000 lembar, 1 kotak berisi 1.750 lembar. “Sebanyak 55 kotak surat suara ini yang akan dikirim ke TPS-TPS sedangkan 1 kotak lagi berisi 2.000 lembar surat suara pemilu ulang”, jelasnya.

Dikatakan saat logistik tersebut tiba di Tebingtinggi, langsung diterima oleh para komisioner KPUD bersama pihak Panwas dan Polisi, “Saat ini logiatik tersebut disimpan di gudang KPU di Komplek TC Sosial Tebingtinggi. Selanjutnya nanti akan dilakukan sortir lebih dahulu sebelum dibagikan ke TPS yang menurut peraturan H-1 harus berada di TPS, jika pelaksanaan 15 Ferbuari 2017, maka 14 Ferbuari semua kelengkapan harus sudah sampai di TPS”, terangnya.
Untuk itu diharapkan kepada KPPS harus sudah memastikan H-1 lokasi TPS sudah harus selesai, dan siap digunakan dengan dilengkapi olehpenerangan (lampu) dan petugas jaga malam di masing-masing TPS. “Tidak ada alasan kotak suara dan segala macam isinya dibawa ke rumah atau kantor lurah lagi, itu melanggar aturan apapun alasannya, seperti kejadian masa lalu, niatnya baik untuk keamanan tetapi pekerjaannya melanggar aturan”, tegasnya.

Berkaitan hal itu pihaknya sudah menyarankan agar Ketua KPPS jauh hari sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk pembuatan TPS-nya. “Jangan mendadak-mendadak, apalagi dengan menggunakan tenda yang disewa, dari jauh hari harus dipesan dahulu, jangan menyewanya tiba-tiba, karena kami yakin pada hari H tersebut banyak tenda yang akan digunakan”, pungkasnya.
Sementara itu, terkait surat suara yang diperuntukkan bagi kaum disabilitas (template) pada Pilkada Walikota dan Wakil Walikota Tebingtinggi tahun 2017, Komisioner KPUD Bidang Teknis, Bukhari saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa ‘template’ untuk penyandang tuna netra belum sampai ke Tebingtinggi karena pencetakannya dilakukan di Surabaya.

Surat suara yang sampai di Tebingtingg ini adalah yang dicetak di Bekasi, sedangkan untuk template (surat suara kaum tuna netra) dicetak di Surabaya sebanyak 289 lembar sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Tebingtinggi, jadi masing-masing TPS akan diberi satu buah tamplate, dipakai atau tidak dipakai, template tetap akan dibagikan ke TPS-TPS, sedangkan terkait bagaimana bentuknya tamplate tersebut, kita tunggu saja nanti kalau sudah sampai ke Tebingtinggi”, jelas Bukhari. [nur]

Komentar

News Feed