oleh

Tahun Ini Revitalisasi Pasar Tradisional di Medan Dilakukan

INIMEDAN – Pemerintah Kota Medan merencanakan pada tahun ini akan merevitalisasi pasar tradisional yakni pembangunan Pasar Marelan dan Kampung Lalang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Zulkarnain mengatakan, revitalisasi pasar tradisional awalnya direncanakan menggunakan pinjaman Pusat Investasi Pemerintah (PIP) sebesar Rp 77 miliar pada tahun 2013. Namun karena pelaksanaannya belum berjalan, pinjaman dibatalkan di pertengahan tahun 2015.

“Perjanjian PIP sudah dibatalkan dan komitmen Pemko Medan akan melanjutkannya dengan dana APBD tahun 2016. Untuk anggarannya disesuaikan dengan DED kerjasama PIP untuk tiga pasar,” kata Zulkarnain, Selasa (5/1).

Diketahui sebelumnya revitalisasi tiga pasar tradisional Kota Medan, yakni Pasar Belawan, Marelan dan Kampung Lalang sudah direncanakan sejak tahun 2013, namun baru Pasar Belawan yang selesai dibangun. Sedangkan kedua pasar lainnya terkendala berkaitan dengan pembebasan lahan.

“Beberapa pinjaman dari PIP yang telah kita pakai dan telah diganti. Sedangkan dana yang tidak terpakai diberhentikan. Intinya kita akan terus menambah aset dan revitalisasi pasar tradisional ini juga merupakan aset Pemko Medan,” paparnya.

Dijelaskannya, pelaksanaan pembangunan revitalisasi pasar tidak bisa sekaligus tapi dilakukan secara bertahap. “Kita upayakan pelaksanaan rebitalisasi ini bisa selesai 1 tahun anggaran,” tuturnya. [MUL]

Komentar

News Feed