oleh

Wabup Buka Konfercab II PWI Kabupaten Sergai

Sei Rampah, Inimedan.com
Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) selaku mitra pemerintah memiliki peran besar dalam bidang pembangunan karena telah melakukan tugasnya dalam penyebaran informasi pembangunan kepada masyarakat luas. Selain itu wartawan melalui medianya juga berperan sebagai sosial kontrol dalam program pembangunan daerah.
Demikian dikatakan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya saat membuka Konferensi Cabang (Konfercab) Ke-II PWI Kabupaten Sergai di Ruang Rapat H.T Rizal Nurdin Komplek Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Kamis (15/3).
Hadir dalam konfercab tersebut Staf Ahli Bupati, Kadis Kominfo Ikhsan, AP, Kadis PMD Dr. Dimas Kurnianto, SH, Ketua PWI Provinsi Sumatera Utara (Sumut) H. Hermansjah, SE, Wakil Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim, Wakil Ketua Bidang Pembelaan Wartawan Wilfried B Sinaga, Wakil Ketua Bidang Pendidikan, Sekretaris Edward Thahir, Ketua PWI Kabupaten Sergai Durahman Silitonga, Pengurus KWRI Sergai, Pengurus Wartawan Unit Pemkab Sergai dan Anggota PWI Sergai.
Wabup Darma Wijaya berharap kerjasama antara Pemkab Sergai dengan Pers tetap terjalin harmonis, sebagaimana diketahui bahwa Konfercab dilakukan sebagai rangkaian kegiatan pemilihan figur pemimpin sekaligus pengurus PWI yang baru. “Semoga kegiatan ini dapat berlangsung aman dan lancar serta dapat menghasilkan sosok pemimpin yang bertanggung jawab, mengayomi anggotanya, memiliki integritas tinggi, menjadi panutan dan mampu mengakomodir aspirasi seluruh anggota,” ujar Bupati.
Lebih lanjut disampaikan Bupati, pemerintah daerah tidak boleh campur tangan untuk urusan internal PWI, hal ini dikarenakan PWI merupakan organisasi kewartawanan yang independen. Namun seluruh program kerjanya diharapkan mampu bersinergi dengan program kerja pemerintah daerah yang dalam hal ini adalah Pemkab Sergai terlebih untuk tujuan pembangunan di Tanah Bertuah Negeri Beradat ini, katanya.
Mengakhiri sambutannya Wabup berpesan agar dalam menyampaikan kritik dan saran hendaknya disampaikan dengan cerdas sehingga tidak menimbulkan persoalan-persoalan yang dapat memecah belah keadaan, terus meningkatkan kekompakan dan kebersamaan dalam memajukan kabupaten yang kita cintai ini.
Sebelumnya Ketua PWI Sergai Durahman Silitonga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Bupati Ir. H. Soekirman dan Wabup Darma Wijaya yang telah memberikan perhatian dan dukungan sehingga acara ini dapat berjalan dengan baik. Pemkab Sergai melalui Dinas Kominfo juga akan memfasilitasi kegiatan pers berupa Pelatihan Jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.
Senada dengan yang disampaikan Ketua PWI Sergai, Ketua PWI Sumut, H. Hermansyah, SE turut mengapresiasi dukungan Pemkab Sergai dalam penyelenggaraan UKW karena tidak semua daerah mengadakan kegiatan ini, dan bagi wartawan yang mengikuti UKW nantinya akan lebih profesional terutama dalam menyampaikan kebenaran melalui informasi kepada masyarakat dan bersikap netral terlebih menjelang Pilkada ini.
“Memang UKW tidak diwajibkan, namun bagi wartawan mengikuti UKW dapat meningkatkan kredibilitasnya sebagai seorang jurnalis. Mari kita dukung program pembangunan Pemkab Sergai melalui karya berupa penyebarluasan informasi yang positif kepada masyarakat,” pungkas Hermansyah.
sementara A.Yani Pane dalam laporan panitia yang disampaikannya mengatakan bahwa persiapan segala keperluan kegiatan ini sudah dilakukan selama dua minggu, selain itu panitia kegiatan juga terus bersinergi agar terbentuk kepengurusan yang kompeten. (nur)

Komentar

News Feed