Wajah Lama dan Wajah Baru Pada Pilkada Taput dan Toba

Inimedan.com. Taput   |  Wajah Lama dan Wajah.  Pemilihan Kepala Daerah ( pilkada) yang akan digelar di Kabupaten Taput dan Toba akhir tahun 2024 mendatang, diperkirakan lebih seru dibanding pilkada 2018. Dari nama-nama yang terpublis, telah mendaftar di media arus utama maupun di media sosial, tercatat ada yang wajah lama dan wajah baru atau disebut ‘ new comer’ ( pendatang baru ).

Wajah Lama dan Wajah.  Dari catatan wartawan media inimedan. com, ada pun balon wajah lama tercatat nama Sarlandy Hutabarat, Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat ( JTP) dan Chrismanto Lumbantobing. Seperti diketahui Sarlandy Hutabarat adalah wakil bupati priode 1998-2024 yang memenangkan pilkada 2018 bersama Nikson Nababan.

Sedangkan Jonius Taripar Hutabarat saat itu berpasangan dengan Frengky Simanjuntak. Begitu juga Chrismanto Lumbantobing- Hotman saat itu ikut calon, namun seperti halnya Jonius- Frengky kalah perolehan suara versus Nikson- Sarlandy. Saat itu sempat terjadi hujan protes dan aksi demo di KPUD Taput.

Satika Simamora
Satika Simamora. (Foto/IMC/Leonardo)

WAJAH BARU

Kalau di antara balon yang telah mendaftar tercatat wajah lama, maka tercatat pula beberapa nama yang ditandai sebagai wajah baru. Antara lain, Satika Simamora. Meskipun diketahui adalah isteri dari Nikson Nababan, namun untuk pra pilkada tahun 2024 ini, ia dianggap wajah baru karena belum pernah ikut pilkada Taput.

Selain itu Dr Erikson Sianipar founder BISUKMA yang juga ketua DPC Gerindra Taput. Lalu Jonner Simatupang yang berpasangan dengan Chrismanto Lumbantobing ( putra dari Torang Lumbantobing mantan bupati Taput dua priode). Selain itu nama lainnya Denny Lumbantoruan, yang mendaftar sebagai cawabup pasangan Jonius Taripar Hutabarat, dan Daud Hutauruk yang berpasangan untuk Cawabup mendampingi Erikson Sianipar.

Masyarakat Taput yang dikenal cukup kritis mencermati pusaran pemilu mau pun pilkada, saat ini mulai ramai membahas, memprediksi balon-balon tersebut. Pandangan atau opini yang berseliweran di berbagai lapisan masyarakat tentunya bertolak dari faktor obyektivitas dan subyektivitas. Itu tercermin dalam adu argumen yang mewarnai medsos saat ini. Masing-masing meyakini kemenangan balon menurut kacamata berbeda.


DI TOBA
Di kabupaten Toba, dua wajah lama sejak awal telah mewarnai kancah perpolitikan pilkada 2024. Pasangan incumben Poltak Sitorus dan Tonny Simanjuntak SE, merupakan wajah lama yang mengambil jalan masing-masing untuk maju menuju Toba 1. Keduanya mendaftar ke PDI Perjuangan dan partai lainnya,bukan lagi sebagai pasangan bersama untuk cabup/cawabup seperti pilkada sebelumnya.

Munculnya Tonny Simanjuntak sebagai calon bupati bersama Leo Sitorus, tampaknya mendapat sambutan hangat berbagai lapisan masyarakat Toba. Duet Tonny- Leo diyakini akan bisa mengungguli balon lainnya setelah nantinya menjadi calon tetap. Sementara Poltak Sitorus berpasangan dengan Gaga Naiborhu.

Sementara itu, sejumlah nama yang ditandai sebagai wajah baru pra pilkada Toba, selain Leo Arifin Sitorus, tercatat Ronal Panjaitan, Thurman Hutapea, Effendi Napitupulu, Robinson Sitorus, Panjaitan, Charles Sirait, Gaga Naiborhu,Audy Murpi Sitorus,Faber Sitorus,Jubel Tambunan. Lumayan ramai juga peminat pilkada Toba 2024.

Masyarakat Toba kini masih  menunggu, siapa-siapa gerangan di antara pasangan balon yang mendaftar itu bakal tampil menjadi calon yang ditetapkan KPU, untuk bertarung November mendatang. *le#

Admin : Ariadi

Wartawan : Leonardo T.Simanjuntak

 

Komentar