oleh

240 Pelajar Bersaing di Kejurda Tenis Meja Piala Gubsu

inimedan.com.
Sebanyak 240 pelajar dari 18 Kabupaten/ Kota Se Sumatera Utara (Sumut) bersaing di GOR Marah Halim Kota Tebing Tinggi , dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) cabang olahraga Tenis Meja 2016, memperebutkan piala Gubernur Sumut H T Erry Nuradi, MSi, yang dibuka Gubsu, Rabu (28/12).
Pembukaan dihadiri Sekda Pemprovsu, Hasban Ritonga SH, mantan Sekda Pemprovsu Nurdin Lubis, Pj Walikota Tebing Tinggi OK Zulkarnain. Kemudian Ketua harian KONI Sumut John Ismadi Lubis, SKPD Sumut/Tebing Tinggi, Forkompinda Sumut/ Tebing Tinggi, serta perwakilan Pengprov PTMSI Sumut.

Dalam sambutannya, Erry Nuradi mengatakan even ini kiranya dijadikan sebagai momentum bagi seluruh atlet untuk persiapkan diri menghadapi even yang lebih tinggi, baik di Kejuaraan wilayah maupun nasional. “ Melalui kejuaraan ini juga salah satu upaya pemerintah provinsi untuk turut serta
memasyarakatkan olahraga di masing – masing daerah. Tentunya ini juga salah satu upaya kita untuk kembali menggairahkan kejuaraan –kejuaraan olahraga di kalangan pelajar,” ucapnya.

Dirinya juga berpesan agar kiranya KONI Sumut bersedia memfasilitasi kebutuhan seluruh Pengprov cabang olahraga untuk rutin melaksanakan kejuaraan – kejuaraan daerah. Hal ini semata – mata untuk menambah jam terbang atlet sekaligus mengasah mental bertanding mereka sebelum berlaga di even yang lebih tinggi. “ Minimal setiap bulan seluruh pengurus cabang olahraga harus melaksanankan kejuaraan – kejuaraan seperti ini. Kami berharap KONI Sumut harus memfasilitasi ini, tapi hanya untuk cabang olahraga yang aktif saja.” jelas Erry.

Gubsu berharap kiranya Bapopsi Sumut selaku badan Pembina olahraga pelajarturut berperan serta untuk menggairahkan kompetisi – kompetisi serta pertandingan di kalangan pelajar. “ Even ini tentu akan terus kita laksanakan di tahun mendatang, dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Setiap daerah juga bakal dipercaya menjadi tuan rumah pelaksana dengan tujuan pemerataan cabor,” harapnya.

Sementara, Ketua harian KONI Sumut John Ismadi Lubis berharap melalui kejuaraan ini akan terjaring atlet potensial yang bisa menjadi andalan Sumut di kejuaraan nasional seperti Pekan Olahraga Nasional(PON) XX/2020 di Papua.

“ Melalui kejuaraan ini pula, KONI Sumut sangat berharap agar kiranya Pengprov PTMSI terus berupaya menjaring atlet potensial dariseluruh daerah. Karena pada empat tahun mendatang, kalian adalah cikal bakal atlet tenis meja yang akan memperkuat Sumut pada PON 2020 di Papua,” ucap John yang juga calon ketua KONI Sumut.

Ketua panitia pelaksana, H Baharuddin Siagian SH MSi didampingi Kabid Bina keolahragaan Rudi Renaldi, Kasi Olahraga masyarakat Mazrinal menjelaskan, kejuaraan ini mempertandingkan tiga kategori pelajar, yakni Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ sederajat, dan SekolahMenengah Atas(SMA) sederajat putra/ putri. 240 atlet merupakan utusan dari 18 Kabupaten/ Kota Se Sumut, baik dari Pengurus Cabang (Pengcab), Klub tenis meja, serta masing – masing sekolah.

18 kabupaten/ Kota antara lain, Medan, Binjai, Deli Serdang,Batubara, Labuhan Batu, Labura, Labusel. Kemudian Pematangsiantar, Sergai, TanjungBalai, Tebing Tinggi, Asahan, Langkat, Sibolga, Padang Sidempuan, Simalungun, Taput dan Tapteng.

“ Pada kejurda tahun ini mempertandingkan nomor tunggal putra/ putri. Sedangkan total medali yang diperebutkan ada 24 medali dengan total hadiah Rp 13.800.000,” jelasnya.

Pada hari pertama kemarin, mempertandingkan kategori pelajar SD putra/ putri, sedangkan hari kedua (hari ini, red) mempertandingkan kategori SMP dan SMA. Kemudian laga final dilaksanakan pada 30 Desember mendatang. (YOFE)

Komentar

News Feed