Pemko Medan Targetkan PAD Rp 5,20 Triliun

INIMEDAN – Pemerintah Kota (Pemko) Medan menargetkan Pendapatan Daerah ditetapkan sebesar Rp 5,20 triliun, dimana 35,11 % diharapkan bersumber dari PAD. Untuk itu, seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Medan harus siap bekerja keras dan berkreasi.

“Pesan saya, jalankan regulasi lebih konsisten, tingkatkan motivasi apratur, terapkan IT serta tingkatkan kesadaran perpajakan masyarakat,” kata Pj Walikota Medan, Randiman Tarigan saat membuka Rapat Kerja (raker) Pelaksanaan Program Pembangunan Kota 2016 di Grand Aston Hotel Medan, Senin (25/1/2016).

“Melalui raker ini diharapkan seluruh program kerja Pemko Medan tahun 2016 dapat dipahami bersama-sama dan disosialisasikan nantinya di tengah-tengah masyarakat, sehingga dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam pelaksanaannya,” tegas Randiman.

Dijelaskannya, dari rencana belanja daerah sebesar Rp 5,38 tiliun, sebesar Rp 2,20 triliun (40,96 %) untuk belanja tidak langsung, sebagai belanja pegawai dan lain-lain. Sedangkan Rp 3,17 triliun lagi untuk belanja langsung guna membiayai rencana kerja pembangunan kota tahun 2016, mulai dari urusan pendidikan, kesehatan, kebinamargaan maupun yang lainnya.

Randiman mengingatkan, APBD ini harus bisa memberikan manfaat besar kepada masyarakat. Pelaksanaannya harus tepat waktu, tetap sasaran dan berkualitas. Kemudian, seluruh SKPD diminta agar segera melaksanakan proses pengadaan barang dan jasa secara tranparan maupun berakuntabilitas. “Jangan bermalas-malas dan menunggu-nunggu. Lakukan yang terbaik!” tegasnya.

Untuk itu, Randiman kembali menekankan, raker ini bukan acara seremonial atau rutin mengawali pelaksanaan Tahun Anggaran 2016, melainkan untuk membangun niat maupun integritas tinggi agar semua berkonsentrasi penuh untuk melaksanakan program kerja yang sudah ditetapkan APBD 2016.

Ia juga mengingatkan, sebagai orang yang mendapat kepercayaan untuk menjalankan roda pemerintahan, agar seluruh jajarannya di lingkungan Pemko Medan bersikap maupun berprilaku melayani dan bekerja keras secara terkoordinasi.

“Tahun 2016 harus menjadikan kita sejatinya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Kita semua tanpa kecuali harus memiliki integritas tinggi, bahwa kita memiliki kedudukan dan fungsi pokok melayani masyarakat melalui pelayanan public yang semakin berkualitas. Jadi, kita harus jujuir dan jangan neko-neko lagi. Jangan jadi provokator, apalagi sifat seperti memecah belah. Untuk itu bangun rasa kekeluargaan yang sejati,” ungkapnya.

Di penghujung arahannya, Randiman kembali menegaskan, image Kota Medan sangat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan umum. Untuk itu berbagai pelayanan dasar yang diselenggarakan seperti pelayanan kesehatan di tingakt puskesmas, rumah sakit, pelayanan pendidikan di semua jenjang pendidikan, pelayanan perizinan, pelayanan kependudukan, baik di tingkat keluarahan/kecamatan maupun kota serta berbagai pelayanan pokok lainnya supaya terus diperbaiki sekaligus disempurnakan.

“Jangan biarkan jalan –jalan rusak dan berlubang. Jangan biarkan antian lalu lintas terlampau panjang. Selain itu juga jangan biarkan genangan air terlampau lama surut bila hujan. Ambil langkah-langkah konkrit mengatasinya!” pesannya.

Kepala Bappeda Kota Medan, Zulkarnain, menjelaskan, tujuan raker ini digelar untuk membangun spirit, komitmen dan semangat baru bersama untuk melaksanakan rencana kerja pembangunan kota tahun 2016 sebagaimana yang sudah dituangkan dalam APBD 2016 secara tepat waktu, tepat sasaran dan tertib administrasi.

“Di samping itu juga untuk menyatukan niat dan kemauan bersama sekaligus membangun mental kerja yang tangguh supaya lebih memberhasilkan pelaksanaan program kerja pembangunan kota tahun 2016 secara maksimal,” jelas Zulkarnain.

Raker yang berlangsung dari pagi sampai petang ini diisi dengan sejumlah pemaparan yang dilakukan beberapa nara sumber, diantaranya paparan Proyeksi Pendapatan Daerah 2016 dan Mengoptimalkan Pencapaian Realisasinya oleh Kadispenda Kota Medan. Kemudian paparan Sasaran dan rencana Kerja Pemabngunan Kota oleh para Asisten Setdakot Medan.

Lalu paparan Penyelenggaraan Pengadaan Barang dan Jasa oleh Kabag Perlengkapan dan Aset Setda Kota Medan selaku Ketua ULP. Paparan Mengoptimalkan Koordinasi Pelaksanaan Program Kerja antar SKPD oleh Sekda Kota Medan. Serta paparan yang disampaikan DR Ir Budi D Sinulingga MSi, Drs Afiffuddin Lubis MSi dan Ir Maulana Pohan. [MUL]

Komentar