Preview Manchester City vs Sunderland: Harus Fokus

INIMEDAN – Manchester City dijadwalkan menjamu Sunderland di Etihad Stadium, Sabtu (26/12/2015) malam WIB. City mengincar poin penuh untuk mengembalikan tren positif.

Wajar saja, City menyambut periode Natal dengan luka mendalam. Mereka baru saja dikalahkan Arsenal 1-2 dan membuat The Gunners dijagokan untuk menjadi juara musim ini dengan berada di peringkat kedua. Sementara City duduk di posisi ketiga dengan 32 poin.

Laga lawan Sunderland ini menjadi peluang besar City untuk kembali ke jalur juara. Jadi, striker The Citizens, Raheem Sterling, meminta rekan-rekannya tak mengulang kesalahan seperti saat melawan Arsenal di Emirates.

“Menghadapi pertandingan nanti, kami harus fokus untuk memenangkan laga. Itu tergantung kepada mentalitas kami, keinginan, dan soliditas tim di hari itu nanti. Saya optimistis bisa memenangkan pertandingan itu asalkan kami yakin dengan permainan kami,” kata Sterling.

Ya, City memang harus fokus. Gawang mereka selalu kebobolan dalam beberapa pertandingan terakhir. Laga melawan Sunderland bisa menjadi kesempatan untuk membukukan clean sheet lagi.

Tanpa kehadiran Vincent Kompany, lini belakang City memang sangat rapuh dan mudah ditembus. Terakhir kali mereka tak kebobolan adalah ketika bermain imbang 0-0 dengan Aston Villa, 8 November lalu, saat Kompany bermain penuh.

Setelahnya, City yang tak diperkuat Kompany selalu kebobolan dalam lima laga berikutnya. Tercatat ada sepuluh gol yang masuk ke gawang City dalam lima partai terakhir.

Menjelang laga melawan Sunderland, City mendapatkan kabar baik. Kompany sudah berlatih lagi setelah sembuh dari cedera dan diperkirakan siap main malam nanti.

Tapi City tetap wajib hati-hati. Pertemuan terakhir menunjukkan City hanya menang tipis 3-2 atas ‘Si Kucing Hitam’.

Head to head kedua tim menunjukkan City menang 66 kali dan seri di 25 pertandingan dari 141 pertemuan.

Sementara Sunderland yang kini terpuruk di peringkat ke-19 klasemen dengan perolehan 12 poin dari 17 laga, juga harus memperbaiki penampilannya/
Manajer Sunderland, Sam Allardyce, menganggap timnya bermain tak maksimal pada beberapa laga terakhir. Dia pun berharap penampilan buruk The Black Cats tak berlanjut di kandang City.

“Ini adalah Manchester City dan ini adalah tim top. Saya menonton mereka pada Senin malam dan mereka mengontrol permainan di markas Arsenal dan lebih banyak menguasai bola daripada Arsenal. Namun, sayangnya mereka membuat beberapa kesalahan yang dimaksimalkan Arsenal,” ujar Allardyce.

“Saya pikir, jika kami ingin mendapatkan sesuatu dari laga ini, kami harus berusaha untuk bermain jauh lebih baik daripada beberapa laga terakhir,” tambahnya. [MUL/GC]

Komentar