Program Kominfo Provinsi dan Kabupaten/ Kota Harus Bersinerji

Inimedan.com
Tuntutan peningkatan kualitas pelayanan publik dengan berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) membawa konsekuensi dan implikasi terhadap penyelenggaraan pemerintahan di era transparansi informasi. Ini menjadi tantangan bagi penyelenggara pemerintahan untuk menfasilitasi pelayanan publik berbasis e-Goverment yang meliputi aplikasi dan sistem.

Hal tersebut diungkapkan Gubsu HT Erry Nuradi dalam sambutannya yang dibacakan Kadis Kominfo Provsu Drs H M Fitrius SH saat Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kominfo Kabupaten/Kota se Sumut di Hotel Madani Medan, Rabu (14/12). Hadir dalam Rakorda Kadis Kominfo se Kabupaten/Kota se Sumut.

Menurut Gubsu, urusan pemerintahan bidang Kominfo merupakan urusan pemerintahan konkuren yang bersifat wajib karena terkait dengan pelayanan publik. Karenanya, Rakorda Komunikasi dan Informatika harus dapat berfungsi sebagai media guna sinkroniasi program kegiatan Kominfo provinsi dengan daerah. Ini , penting karena pembangunan bidang kominfo berkembang cukup pesat.

“Pemerintah berperan mengembangkan dan meningkatkan pelayanan publik dalam kehidupan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dengan mengurangi tingkat kemiskinan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui inevestasi, perdagangan, pariwisata serta mengurangi kesenjangan wilayah dengan memperluas akses informasi antara wilayah terpecil”,ujar Erry.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan dan tuntutan tersebut Pemprovsu punya rancangan besar menjadikan wilayah Sumut sebagai ‘Smart Province atau menjadikan Provinsi Cerdas dan berbasis Teknologi yang saat ini masih tahap pembangunan dan 2017 akan di Lounching keberadaannya.

“Ini bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik berbasis teknologi informasi kepada masyarakat, khususnya tugas-tugas yang berkaitan dengan peran dan fungsi pemerintah dalam penyebaran informasi dan pelayanan publik. Semoga apa yang kami lakukan ini juga dilakukan Pemerintah Kabupaten/ Kota untuk menjadikan daerahnya Smar City,”ujarnya.

Selain itu yang perlu menjadi perhatian Kominfo Kabupaten/ Kota adalah meningkatkan peran dan fungsi Kominfo di daerah dalam melaksanakan pelayanan publik dan meningkatkan status kelembagaan atau nomenklatur meningkatkan komunikasi dan informatika yang sangat diperlukan di era TIK.

Kepala Dinas Kominfo HM Fitriyus dalam sambutan disampaikan Sekretaris HM Ayub SE mengatakan, tujuan Rakorda Kominfo untuk memberikan gambaran kepada Pemerintah Kabupaten/ Kota se Sumut tentang persiapan Pemprovsu dalam hal ini Diskominfo Provsu dalam melaksanakan program kegiatan Tahun 2017. Selain itu untuk menjalin kesepakatan dan menyamakan persepsi dalam melakukan langkah-langkah persiapan Pemprovsu dalam melaksanakan program kerja Kominfo Tahun 2017.[im-01]

Komentar