oleh

Roma Berpeluang Temani Barca

INIMEDAN – Di atas kertas, AS Roma berpeluang besar menemani Barcelona ke fase gugur Liga Champions. Namun performa buruk mereka dalam beberapa partai terakhir bisa menjadi batu sandungan.

AS Roma bertekad untuk mengamankan kelolosan ke babak 16 besar Liga Champions dengan cara memetik hasil positif kontra BATE Borisov di Olimpico dalam partai pamungkas Grup E, Rabu (30/9) dini hari WIB.

Kans Roma untuk melaju kian besar setelah pesaing terdekat mereka, Bayer Leverkusen, akan menghadapi laga mahasulit kontra juara bertahan Barcelona yang sudah memastikan diri lolos dengan menjadi juara grup. BATE sendiri masih memiliki peluang untuk lolos dengan syarat menang atas Roma dan Leverkusen gagal mengatasi Barca.

Hasil seri sebenarnya sudah cukup bagi Roma untuk menembus fase gugur, tentu saja dengan syarat Leverkusen gagal menggebuk Barcelona. Meski demikian pelatih Rudi Garcia mewanti-wanti timnya untuk tetap mengincar tiga poin demi kepastian dan juga demi menambah kepercayaan diri tim setelah gagal memetik kemenangan dalam empat partai terakhir di semua ajang.

“Kami harus selalu bersatu. Kemenangan adalah satu-satunya tujuan kami. Kami akan menunjukkan rasa lapa akan kemenangan yang tidak bisa ditawar. Laga ini seperti derby. Anda tidak hanya memainkannya, Anda harus menang,” seru Garcia.

Di tengah ambisi besar untuk meraih kemenangan, Roma dipusingkan dengan banyaknya pemain yang absen karena cedera, di antaranya Francesco Totti, Gervinho, Mohamed Salah, Kevin Strootman. “Kami punya solusi atas badai cedera yang kami alami. Kami akan memainkan tim yang akan mengerahkan seluruh kemampuannya,” ujar Garcia menanggapi masalah cedera di skuatnya.

Roma diuntungkan dengan situasi terkini di kubu BATE yang belum merasakan laga kompetitif sejak November setelah Liga Primer Belarus 2015 berakhir. Meski demikian, BATE akan menatap laga ini dengan serius sebagaimana mereka sudah mengadakan pemusatan latihan di Roma sejak pekan lalu.

Gelandang BATE, Aleksandr Hleb, berambisi untuk mencuri poin di Italia. Eks pemain Arsenal itu tentu berharap timnya bisa mengulangi kejutan pada September lalu di mana BATE sukses menekuk Roma 3-2 di Belarus.

“Kami datang lebih awal kemari karena kondisi di Minsk tidak cocok untuk berlatih. Di samping latihan, kami juga menikmati keindahan kota ini dengan cuaca yang menyenangkan. Kami ingin mempersiapkan laga ini sebaik mungkin karena mereka adalah tim yang sangat kuat. Tetapi kita semua tahu selalu ada kejutan di sepakbola. Saya yakin kami akan menang,” tutur Hleb. [GC]

Jadwal Liga Champions UEFA, Kamis, 10 Desember 2015 WIB :
Bayer Leverkusen – Barcelona
Chelsea – FC Porto
Dinamo Zagreb – FC Bayern München
Dynamo Kyiv – Maccabi Tel Aviv
KAA Gent – Zenit St. Petersburg
Olympiakos – Arsenal
AS Roma – FC BATE Borisov
Valencia – Olympique Lyonnais

Komentar

News Feed