oleh

Unimed Targetkan Jadi Pusat Inovasi Pendidikan

INIMEDAN – Universitas Negeri Medan (Unimed) telah merancang program dan kegiatan tahun 2016, untuk menjadi pusat inovasi pendidikan yang mendukung perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, penjaminan mutu dan pembudayaan produk-produk berbasis penelitian.

“Di tahun 2016, Unimed telah memasang target yakni agar Unimed menjadi pusat inovasi pendidikan yang mendukung perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, penjaminan mutu dan pembudayaan produk-produk berbasis penelitian,” kata rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd melalui Kabag Humas Unimed M Surip kepada wartawan, Senin (4/1/2016).

Program kerja dan kegiatan yang dilakukan dilingkungan Unimed dapat lebih terencana dan fokus pada ketercapaian visi, misi, tujuan dan sasaran Unimed yang telah dicanangkan, disebutkan, pihaknya telah menggelar rapat kerja untuk merancang program dan kegiatan tahun 2016 yang dilaksanakan pada Jumat 18 Desember 2015 di Ruang Sidang A Biro Rektor Unimed.

Kegiatan itu dibuka langsung Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd, dan dihadiri seluruh pimpinan dan fungsionaris dilingkungan Unimed, yakni dari Wakil Rektor, Dekan, Direktur, Wakil Dekan, Wakil Direktur, Kepala Biro, Kepala Lembaga dan unit, Ketua Jurusan dan Ketua Program Studi.

Dikatakan, dalam rapat yang dilaksanakan, Wakil Rektor I Prof Dr Abdul Hamid K MPd memaparkan terkait bidang akademik, Wakil Rektor II Dr Restu MS, memaparkan terkait bidang sarana, prasarana dan keuangan, Wakil Rektor III Prof Dr Sahat Siagian MPd yang memaparkan terkait bidang Kemahasiswaan, dan Wakil Rektor IV Prof Dr Manihar Situmorang, MSc PhD yang memaparkan tentang perencanaan, kerjasama dan hubungan masyarakat.

“Semua paparan yang disampaikan oleh Rektor dan Wakil Rektor dihadapan seluruh peserta harus menjadi acuan bagi seluruh fakultas, pascasarjana, lembaga, unit dalam merancang program dan kegiatan di tahun 2016,” sebutnya.

Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom MPd dalam amarannya dihadapan ratusan peserta Raker mengatakan, seluruh pimpinan telah mufakat agar di tahun 2016 nanti Unimed bisa menjadi pusat inovasi pendidikan yang mendukung perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, penjaminan mutu dan pembudayaan produk-produk berbasis penelitian.

“Selain itu kita juga akan fokus memantapkan standar lulusan Unimed sesuai kualifikasi dan harapan masyarakat. Semua program dan kegiatan yang akan dilaksanakan di Unimed untuk tahun 2016 harus lebih fokus dan konsen dalam hal menjadikan Unimed sebagai pusat inovasi pendidikan,” ujarnya.

Menurut Prof Syawal, Unimed telah berhasil menjalin banyak kerja sama dengan banyak pemerintah kota/kabupaten dan lembaga pendidikan lainnya. “Dalam jalinan kerjasama tersebut, kita telah berupaya menyakinkan wali kota, bupati dan pimpinan lembaga pendidikan bahwa Unimed telah siap dan bersedia membantu dalam meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidikan untuk mewujudkan peningkatan mutu pendidikan yang maju. Atas dasar itu, secara internal kita Unimed akan persiapkan secara matang agar kita menjadi pusat inovasi pendidikan,” ungkapnya.

Jika ada masalah terkait bidang pendidikan di semua lembaga pendidikan, dijelaskannya, harus Unimed menjadi tempat menuntaskan permasalahan tersebut. Unimed harus menjadi wadah bagi guru-guru dalam menambah kompetensi keilmuwan dan skill, serta Unimed menjadi tempat mendiskusikan berbagai kendala pengajaran. “Kita akan bentuk pusat-pusat clinik pembelajaran yang dapat menampung dan menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi guru,” paparnya.

Melalui kegiatan rapat kerja tersebut, Prof Syawal berharap, agar semua fakultas, pascasarjana, lembaga, unit bisa lebih matang dalam merancang program dan kegiatan di tahun 2016 dalam menjawab harapan yang sudah disepakatkan. “Jika kita semua bersatu dalam menuju harapan tersebut, saya yakin mimpi indah dapat kita capai sesuai harapan di tahun 2016 nanti,” imbuhnya.

Ketua pelaksana rapat kerja program dan tahunan 2016 Unimed Drs Yuniarto MPd diharapkan seluruh fakultas, pascasarjana, lembaga, unit dapat menyusun LAKIP, renstra 2016-2020, TOR/KAK, perjanjian kinerja tahun 2016 dan rekapitulasi jadwal kegiatan 2016. [MUL]

Komentar

News Feed