oleh

USU Terima 2.009 Mahasiswa Baru Melalui Jalur UMB-PT

Inimedan.com.

Universitas Sumatera Utara (USU) akan menerima sebanyak 2.009 mahasiswa baru yang dijaring melalui jalur Ujian Masuk Bersama-Perguruan Tinggi (UMB-PT). Pendaftaran UMB-PT yang diselenggarakan oleh Perhimpunan SPMB Nusantara untuk seleksi Mandiri USU, telah dibuka sejak tanggal 16 Mei, dan ditutup pada 22 Juli 2016.

Pendaftaran untuk seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur Mandiri USU ini dilakukan melalui laman website,https//penerimaan.spmb.or.id, sedangkan pembayaran biaya pendaftaran dilakukan melalui Bank BNI.

Demikian disampaikan secara bersama Wakil Rektor I USU,Prof. Dr. Ir. Rosmayati, MS dan Wakil Rektor II, Dr. dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, M.Ked(OG), Sp.OG (K) di kampus USU, selepas rapat kordinasi UMB-PT Panitia Penyelenggara Lokal (PPL) Medan USU yang dihadiri oleh jajaran panitia lokal dan perwakilan Bank BNI Medan (Selasa, 17/5).

Dalam keterangannya, Prof. Rosmayati yang juga sebagai Ketua PPL Medan USU, menjelaskan, pendaftaran dan pelaksanaan ujian tertulis seleksi UMB-PT ini dilaksanakan secara bersama dan serentak oleh 13 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Ke-13 PTN itu adalah Universitas Sumatera Utara (Medan), Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh), Universitas Malikussaleh (Lhokseumawe), Universitas Teuku Umar (Meulaboh), Universitas Samudra (Langsa), Universitas Andalas (Padang), Instirut Seni Indonesia (Padangpanjang), Universitas Maritim Raja Ali Haji (Tanjungpinang), Universitas Jambi (Jambi), Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Banten), Univeritas Terbuka, Universitas Palangka Raya (Palangka Raya), dan Universitas Borneo Tarakan (Tarakan).

Wakil Rektor II USU, Dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, mengungkapkan alokasi daya tampung USU untuk seleksi mandiri ini diperkirakan sekitar 2.009 kursi untuk 47 program S1 mandiri USU.

“Pembayaran biaya pendaftaran UMB-PT 2016 dapat dilakukan di Bank BNI seluruh Indonesia, dengan cara pembayaran melalui pembayaran tunai melalui teller di Bank BNI, atau pembayaran melalui ATM Bank BNI,” imbuhnya.

Dr. Fidel menambahkan, untuk persiapan pelaksanaan seleksi mandiri ini, Panitia Penyelenggara Lokal USU telah melakukan persiapan lokasi ujian dengan estimasi peserta sekitar 4.500 orang.

“Lokasi tersebut disesuaikan dengan pengelompokan bidang ujian, yaitu Kelompok IPA, IPS, dan IPC, yang kesemua lokasi ini berada dalam lingkungan kampus USU,” ungkap Fidel.

Tahapan kegiatan UMB-PT diawali dari Pendaftaran Online pada laman https//penerimaan.spmb.or.id sejak tanggal 16 Mei – 22 Juli 2016, Pembayaran di Bank BNI 16 Mei – 22 Juli, Ujian Tulis pada hari Minggu, 24 Juli 2016, dan Pengumuman hasil seleksi dijadwalkan akan diumumkan pada tanggal 31 Juli 2016.

“Untuk informasi lebih lengkap terkait dengan pelaksanaan seleksi UMB-PT ini, dapat dilihat pada laman www.spmb.or.id,” kata Dr. Fidel.

Ditambahkannya, Penerimaan mahasiswa baru jalur UMB-PT atau mandiri ini, harus memenuhi persyaratan, yaitu lulusan SMA, MA, SMK, SMA Luar negeri (yang sudah mendapat penyetaraan dari Kemristekdikti) lulusan tiga tahun terakhir yaitu tahun 2014, 2015 dan 2016.

Sebanyak 47 program studi S1 mandiri di lingkungan USU yang akan menerima mahasiswa baru melalui jalur seleksi UMB-PT terdiri dari, Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Dokter Gigi, Matematika, Kimia, Farmasi, Fisika, Ilmu Kesehatan Masyarakat, Agroekoteknologi, Keteknikan Pertanian, Biologi, Agribisnis, Ilmu dan Teknologi Pangan, Peternakan, Arsitektur, Ilmu Keperawatan, Kehutanan, Ilmu Komputer, Teknologi Informasi.

Kemudian Manajemen Sumber Daya Perairan, Teknik Lingkungan, Ilmu Hukum, Ilmu Sejarah, Antropologi Sosial, Akuntansi, Sosiologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial, Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Ilmu Politik, Sastra Indonesia, Sastra Daerah untuk Sastra Melayu, Sastra Daerah untuk Sastra Batak, Sastra Inggris, Sastra Arab, Etnomusikologi, Sastra Jepang, Ilmu Perpustakaan, Sastra Cina, Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, dan Psikologi. [im-01]

 

Komentar

News Feed