oleh

Gent Cetak Sejarah Baru di UCL

INIMEDAN – Matchday terakhir Fase Grup H Liga Champions Eropa (UCL) menghadirkan kejuatan dengan lolosnya Gent ke babak 16 besar. Mereka berhasil menyingkirkan Valencia yang harus turun kasta ke Liga Europa.

Di laga terakhir fase grup, Gent menjamu Zenit St. Petersburg di Ghelamco Arena, Kamis (10/12/2015) dini hari WIB. Tuan rumah mampu mengalahkan Zenit yang sudah lolos terlebih dahulu dengan skor 2-1. Dua gol Gent dicetak L. Depoitre serta D. Milicevic, Gent membalas lewat gol A. Dzyuba.

Dengan kemenangan tersebut menempatkan Gent di posisi kedua dengan nilai sepuluh atau unggul empat poin dari Valencia di posisi ketiga yang di pertandingan lainnya harus menyerah 0-2 dari Lyon.

Tanda-tanda bakal lolosnya Gent ke fase gugur sudah terlihat saat mereka mampu meraih dua kemenangan beruntuin dari Valencia dan Lyon, padahal sebelumnya mereka ditekuk Zenit dan Valencia di putaran pertama.

Gent tercatat sebagai klub Belgia pertama yang mampu lolos ke babak 16 besar sepanjang sejarah gelaran Liga Champions Eropa.[rza]

Pelatih Gent, Hein Vanhaezebrouck, menyanjung pencapaian “fenomenal” pemainnya.

Tidak ada klub Belgia lain yang mampu menembus fase sistem gugur semenjak Anderlecht pada 2000/01 silam, dan Vanhaezebrouck tak ragu menyanjung upaya luar biasa yang telah dikerahkan timnya.

“Apa yang telah para pemain ini [lakukan] dalam satu setengah tahun kerja, itu fenomenal,” ujarnya usai laga.

“Tugas saya adalah untuk memulai dengan tim ini dan memaksimalkannya. Namun mereka [para pemain] melakukannya – bukan kalian, bukan saya.

“Sebagai pelatih, Anda hanyalah pion kecil seketika kompetisi ini dimulai.” [IC/GC]
Hasil Liga Champions UEFA, Kamis 10 Desember 2015 :
Leverkusen 1 – 1 Barcelona
Chelsea 2 – 0 Porto
Dinamo Zagreb 0 – 2 München
Dynamo Kyiv 1 – 0 Maccabi
Gent 2 – 1 Zenit St. Petersburg
Olympiakos 0 – 3 Arsenal
Roma 0 – 0 BATE Borisov
Valencia 0 – 2 Olympique Lyonnais

Komentar

News Feed