Unpri Siap Menuju Universitas Berbasis Riset

INIMEDAN – Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Universitas Prima Indonesia (Unpri) Dr Tommy Leonard menyatakan, Unpri siap menuju universitas berbasis riset.

“Untuk itu, Unpri selalu melakukan berbagai upaya dalam rangka membangun SDM (sumber daya manusia) para dosen,” kata Tommy usai seminar nasional dengan tema ‘Universitas Berbasis Riset’ yang diselenggarakan Unpri bekerjasama dengan Kopertis Wilayah I Sumatera Utara, Selasa(8/12/2015) di ruang serbaguna kampus Jalan Ayahanda Medan.

Tommy mengatakan, salah satu upaya di antaranya dengan mengundang Direktur Karier dan Kompetensi SDM Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Prof Bunyamin Maftuh, untuk menjadi pembicara dalam seminar tersebut.

“SDM memang faktor yang utama dalam dunia pendidikan. Hal inilah yang menentukan keunggulan dari sebuah perguruan tinggi, hingga bisa menghasilkan anak-anak bangsa yang berkualitas,” sambung Tommy.

Sebelumnya Direktur Karier dan Kompetensi SDM Kementerian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi Prof Bunyamin Maftuh dalam seminar kemarin mengatakan, ada beberapa problem dalam meningkatkan SDM perguruan tinggi di Indonesia, seperti masih kurangnya jumlah dosen yang berpendidikan doktor (S3).

“Selain itu, publikasi dosen juga masih kurang,” kata Bunyamin, pada acara yang turut dihadiri Sekretaris Tim Sertikasi Dosen Pusat Prof Ivan Hanafi (pembicara), Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto (moderator), Wakil Rektor I Seno Aji, Wakil Rektor II Ermi Girsang, Penasihat Unpri Dr RE Nainggolan, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Hipakad Yusriando, serta sejumlah rektor dari perguruan tinggi lain di Medan.

Di kesempatan itu, Prof Bunyamin memotivasi para dosen. Dikatakan, pihaknya siap membantu para dosen dalam hal pembinaan karir.

Sementara Unpri, dalam kacamata Bunyamin, adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang hebat, punya reputasi yang baik dan cepat berkembang dalam usia yang masih muda.

Dia berharap ke depan dapat lebih meningkatkan kualitas SDM tenaga pendidiknya, sehingga dapat mewujudkan visi misi melalui keunggulan kompetensinya.

“Mudah-mudahan beberapa tahun ke depan Unpri menjadi universitas berbasis riset,” katanya.

Sementara Sekretaris Tim Sertikasi Dosen Pusat Prof Ivan Hanafi mengungkapkan, dari data yang diperoleh, di Sumatera Utara sekitar 70% jumlah dosen perguruan tinggi negeri yang sudah disertifikasi, sedangkan dari perguruan tinggi swasta masih kurang dari 50%.

“Tapi khusus untuk Unpri, sebagian dosennya sudah mengikuti sertifikasi,” kata Ivan. [MUL]