oleh

Prof Runtung Sitepu Pimpin USU

INIMEDAN – Prof Dr Runtung Sitepu SH MHum terpilih menjadi Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) yang baru periode 2016-2021, setelah memenangi pemilihan Kamis (21/1/2016).

Pemilihan melalui rapat Majelis Wali Amanat (MWA) USU di kantor Kemernterian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof Runtung terpilih dengan jumlah perolehan suara 19 atau 62,38% mengalahkan dua calon lain yakni Prof Zulkifli Nasution (8 suara atau 27,36%) dan Prof Subhilhar (3 suara atau 10,26%).

MWA terdiri 21 orang, termasuk gubernur dan Menristik Dikti. Sesuai ketentuan, dalam pemilihan rektor, menteri memiliki hak 35% suara, sedangkan 20 anggota MWA lainnya total 65% suara.

Prof Dr Runtung Sitepu lahir di Kabupaten Langkat, 10 November 1956 dan saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Hukum USU sejak tahun 2005. Selain itu dia menjabat Ketua Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi se-Indonesia dan Wakil Sekretaris Asosiasi Profeco Indonesia.

Dalam pemaparannya sebelum pemilihan, Prof Runtung Sitepu mengatakan program kerjanya adalah meningkatkan akreditasi program studi (prodi) sehingga 80% prodi terakreditasi A. Selain itu agar USU unggul dalam bidang akademik dan menjadi barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang bersaing dalam tataran dunia global.

Demi mencapai tujuan itu, dia akan melakukan enam cara. Di antaranya membentuk tim percepatan akreditasi, menambah anggaran biaya akreditasi, menambah sistem dokumentasi kegiatan prodi, semua ketua prodi harus menandatangani kontrak untuk menaikkan akreditasi, mengadakan kegiatan untuk peningkatan akreditasi, dan memberi penghargaan kepada prodi akreditasi A. [MUL]

Komentar

News Feed